June 03, 2009

No Pain, No Brain, No Gain

No Pain, No Gain. Bersakit-sakit dahulu, bersenang-senang kemudian. Mungkin sudah banyak di antara Anda yang mendengar tentang hal itu.

Untuk meraih suatu keberhasilan (gain), memang dibutuhkan kerja yang sangat keras, bahkan menyakitkan (pain). Tetapi, itu dulu. Dengan kondisi saat ini, kemajuan jaman yang tidak terbendung lagi, “hanya” bekerja keras tidaklah cukup. Untuk berhasil kita juga harus menggunakan otak (brain) kita dengan optimal, apalagi di saat krisis seperti sekarang, karena otak manusia adalah senjata yang paling ampuh di dunia (menurut MacGyver, tokoh utama dalam serial TV terkenal).

Jangan pesimis dulu. Disini tidak berarti Anda harus menjadi seorang yang genius seperti Albert Einstein. Yang Anda perlukan hanya menjadi seperti MacGyver, yang sangat kreatif dalam menghadapi segala sesuatu. Ingat, menurut penelitian, setiap manusia rata-rata hanya menggunakan 20% dari kemampuan otaknya. Dan salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan otak adalah dengan berpikir positif.

Ya, positive thinking. Sudah terlalu sering mendengar tentang berpikir positif? Saya tahu Anda mungkin sudah bosan. Tapi sudahkah Anda mempraktekkannya setiap saat? Saat ban mobil Anda kempes apakah Anda masih mengumpat-umpat? Saat pacar Anda memutuskan Anda apakah Anda masih termehek-mehek? Saat Anda gagal mencapai tujuan apakah Anda menjadi down, stress, kehilangan gairah, atau patah semangat?

Memang sulit untuk berpikir positif. Tetapi sulit bukan berarti tidak bisa dilakukan. Semua bisa dilakukan bila kita mau berusaha. Setiap masalah pasti ada solusinya. Mulailah untuk sedikit demi sedikit menanggalkan pikiran negatif Anda. Kendalikan emosi Anda. Tingkatkan spiritualitas Anda. Percayakah bila Anda mampu mengendalikan emosi-emosi negatif dan semakin mendekatkan diri kepada Tuhan maka kemampuan intelektual Anda akan meningkat? Saya percaya. Dengan kata lain, kecerdasan Anda akan meningkat seiring dengan meningkatnya pikiran positif Anda.

Bila kecerdasan Anda meningkat akan menjadikan diri Anda lebih kreatif dan akan memunculkan ide-ide yang selama ini tidak pernah Anda pikirkan. Bila ide-ide kreatif itu anda campur dengan kerja keras maka hasilnya adalah sebuah masakan lezat yang bernama kesuksesan. Jadi, tidak ada kesuksesan tanpa kerja keras dan kreatifitas yang dihasilkan dari optimalisasi kemampuan otak kita. No pain, no brain, no gain.

No comments: