June 28, 2009

Menulis Itu Mudah

Saat masih duduk di bangku sekolah dasar, pelajaran yang paling saya benci adalah mengarang alias menulis. Saya benci karena merasa pelajaran mengarang itu sulit banget, bahkan lebih sulit daripada mengerjakan soal-soal hitungan matematika.

Saya tidak menyangka bahwa kebencian itu ternyata bisa berbalik seratus delapan puluh derajat. Memang tidak serta-merta. Seingat saya, hobby menulis ini mulai tumbuh saat saya mendapatkan hadiah mesin ketik dari orang tua. Dengan ‘senjata’ mesin ketik (yang masih ada sampai sekarang) dan jurus mengetik ‘sebelas jari’ itulah saya mulai BELAJAR merangkai kata dan menata kalimat satu demi satu.

Apakah hanya gara-gara mesin ketik kebencian saya berubah menjadi kecanduan? Saya rasa bukan karena itu. Waktu di SD, saya merasa sangat sulit mengarang dikarenakan topik tulisannya sudah ditentukan oleh ibu/bapak guru. Saya sudah lupa topiknya apa saja. Yang pasti, sebagian besar adalah topik-topik yang tidak saya SUKAI kala itu.

Mengarang hal-hal yang tidak saya SUKAI inilah yang ternyata menyulitkan saya dalam menulis. Berbeda halnya kalau saya menulis untuk diri sendiri menggunakan mesin ketik di rumah, saya dapat dengan BEBAS mengeksplorasi ide-ide yang ada dalam pikiran tanpa terbelenggu oleh topik-topik seperti yang sudah ditentukan dalam pelajaran mengarang.

Dari dulu sampai sekarang, saya suka menulis tentang sepak bola, balap mobil Formula 1, sosial politik, sejarah dan sains (pengetahuan alam). Topik-topik itulah yang memang saya minati. Belakangan ini, saya juga mulai tertarik dengan tema-tema bisnis dan motivasi. Intinya, setiap hal yang menarik perhatian saya, bisa saya jadikan tulisan.

Maka dari itu, saya berpendapat bahwa mengarang itu sebenarnya MUDAH kalau kita menulis hal-hal yang memang kita SUKAI. Bahkan, saya percaya SETIAP orang sebenarnya bisa menjadi pengarang atau penulis hebat bila mereka mau menulis topik-topik yang memang menjadi MINAT mereka. Saya juga percaya, kecanduan menulis dapat menjadi terapi jiwa dan menyehatkan pikiran kita, sepanjang yang kita tulis adalah hal-hal yang positif dan menyegarkan. Bukankah dengan jiwa dan pikiran yang sehat akan membuat tubuh menjadi kuat? Jadi, tunggu apa lagi? Ayo menulis!

No comments: