June 03, 2009

Karena Kita Manusia

Sudah nonton Terminator: Salvation? Film ke-4 dari serial Terminator ini menceritakan tentang perjuangan umat manusia untuk bertahan hidup menghadapi mesin (yang semula diciptakan manusia sendiri).

Dalam upaya menyelamatkan (salvation) eksistensinya dari kepungan mesin Terminator (pemusnah), manusia dipimpin oleh seorang pria heroik bernama John Connor (yang diperankan oleh Christian “Batman-The Dark Knight” Bale). Sayangnya di sini Bale tidak lagi menjadi manusia kelelawar, karena Batman vs Terminator rasanya seru juga. Hehehe..

Sepanjang sejarahnya yang panjang, dalam setiap krisis, umat manusia selalu berhasil menyelamatkan dirinya, dan disitulah selalu muncul sosok pemimpin yang memberi harapan dan semangat kepada umatnya untuk terus bertahan dan keluar dari krisis tersebut.

Manusia juga mempunyai kemampuan untuk berubah dan beradaptasi yang sangat tinggi karena ditunjang oleh otak yang sudah diberikan Tuhan kepadanya. Inilah yang membuat spesies manusia bisa survive sampai saat ini. Tidak seperti spesies lainnya, seperti contohnya dinosaurus yang sudah punah jutaan tahun lalu, padahal mereka adalah penguasa bumi sebelum adanya manusia (sudah pernah nonton serial Jurassic Park?).

Demikian juga dalam kondisi krisis seperti sekarang, untuk bisa bertahan dan mengalahkan krisis, sudah seharusnya kita bersikap flexible dan mau berubah. Kita bukan mesin yang kaku (meskipun sangat disiplin). Kita juga bukan dinosaurus yang badannya gede tapi otaknya kosong. Kita adalah makhluk yang unik, cerdas, flexible, adaptable, dan mampu berubah.

Jadi, sudah SEHARUSNYALAH kita mampu mengalahkan krisis apapun. Jangan mengaku sebagai manusia bila belum-belum sudah menyerah menghadapi masalah. Pilihan kita hanya dua: berubah (change) atau musnah (terminated). Dunia membutuhkan John Connor-John Connor baru, dan itu adalah kita semua, karena kita adalah manusia.

No comments: