June 15, 2009

Lima Jurus Ampuh Bila Anda Ingin Bahagia

Apakah tujuan hidup Anda? Kaya, sukses, atau bahagia? Apakah kalau kita kaya selalu bahagia? Kalau begitu, apa yang bisa membuat Anda bahagia?

Saya yakin Anda masing-masing sudah mengetahui apa yang bisa membuat Anda bahagia. Setiap orang pasti mempunyai versi sendiri bagaimana bahagia menurut mereka. Demikian juga halnya dengan saya. Menurut versi saya, ada lima jurus ampuh untuk menjadi bahagia.

  1. Bebaskan pikiran dari ketakutan.

Rasa takut sebenarnya hanya ada dalam pikiran kita. Setiap orang pasti mempunyai rasa takut, termasuk saya. Bagaimana cara menghadapi rasa takut tersebut? Sederhana. Berdoalah. Serahkan segalanya kepada Tuhan.

  1. Bebaskan perasaan dari kebencian, dendam, curiga dan iri hati.

Rasa benci, dendam, curiga dan iri hati hanya akan merugikan diri kita sendiri. Emosi-emosi negatif tersebut akan membuat diri kita selalu diliputi perasaan tidak tenang, khawatir dan was-was. Bisakah kita bahagia dengan hidup yang seperti itu?

  1. Bersikaplah sederhana, seimbang dan tidak berlebih-lebihan.

Segala sesuatu yang berlebih-lebihan, apa pun itu, hasilnya tidak akan baik. Kesederhanaan dan keseimbangan dalam menjalani hidup, sangat kita perlukan untuk menjadi bahagia. Menurut saya, bekerja tanpa berdoa itu sombong, dan sebaliknya, berdoa tanpa bekerja itu omong kosong.

  1. Berilah lebih banyak dan kurangilah meminta.

Kebahagiaan manusia ditentukan bukan oleh banyaknya kekayaan yang ia peroleh, tetapi oleh banyaknya ia memberi.

  1. Selalu bersyukur, tersenyum dan bersikap optimis sesuai dengan akal sehat.

Apa pun yang terjadi, selalulah bersyukur kepada Tuhan, baik di saat senang atau susah. Dan selalulah optimis dalam menghadapi setiap masalah. Pasti ada solusi dari setiap kesulitan hidup asalkan mau tetap menggunakan akal sehat kita. Orang yang bahagia biasanya selalu mengisi hari-harinya dengan 3S: Syukur, Senyum dan Semangat.

Demikianlah lima jurus ampuh untuk menjadi bahagia versi saya. Semoga berguna juga untuk Anda.

No comments: