June 05, 2009

Goblog!

Seberapa sering Anda dikata-katai seperti itu? Mungkin sering sekali? Kalau saya sendiri sangat sering. Kebanyakan dari teman-teman, meskipun saya tahu maksudnya hanya bercanda.

Sebenarnya saya sangat bersyukur bila ada orang mengatakan saya goblog, tolol atau bodoh. Aneh? Ini salah satu cara saya untuk tetap berpikir positif. Saya beranggapan ejekan atau umpatan dari teman-teman itu adalah kata-kata Tuhan yang tidak henti-hentinya memperingatkan bahwa saya ini masih seorang manusia yang bodoh.

Seringkali Tuhan mengingatkan umatNya dengan sebuah hal yang menyakitkan, itu tak lain untuk membuat umatNya selalu mawas diri dan tidak sombong. Coba bayangkan kalau setiap hari saya dipuji pintar atau pandai tanpa ada satu pun yang mengatakan saya goblog, mungkin saya sudah menjadi manusia yang pongah dan arogan. Kalau saya sudah menjadi manusia yang sombong, maka bisa dipastikan saya tidak akan mau belajar lagi. Padahal kemauan untuk belajar adalah salah satu hal penting yang membedakan manusia dengan spesies-spesies lain di muka bumi ini.

Oleh karena itu, bila ada orang yang mengatakan Anda goblog, jangan marah, jangan sedih, tetapi berterimakasihlah pada orang tersebut karena sudah mengingatkan Anda. Ingatlah prinsip untuk selalu menjadi buah yang mentah. Kalau Anda merasa diri Anda selalu mentah maka hal itu akan membuat Anda terus berusaha menjadi matang dengan terus belajar dan belajar. Jangan bangga bila ada yang mengatakan Anda sudah matang karena sekali Anda merasa matang, busuk adalah berikutnya. Lebih baik kita menjadi orang goblog daripada menjadi orang busuk.

No comments: