May 13, 2009

Selamat Ulang Tahun

Ulang tahun. Mungkin hal biasa bagi sebagian orang, mungkin juga luar biasa bagi sebagian yang lain.

Ulang tahun adalah sebuah tanda. Bisa tanda tanya, tanda seru, tanda cinta, tanda bahaya, atau tanda-tanda yang lain. Ulang tahun juga mempunyai makna. Makna yang berbeda bagi setiap orang. Makna yang relatif, tergantung kapan dan dimana. Tergantung apa yang dirasakan. Tergantung apa yang dipikirkan.

Ulang tahun tidak berarti apa-apa bagi orang-orang yang tidak mempunyai tujuan hidup. Ulang tahun hanyalah sebuah kehampaan bagi orang-orang yang lupa memaknai hidupnya. Ulang tahun adalah protes bagi orang-orang yang tidak puas dengan jalan hidupnya. Ulang tahun adalah caci maki bagi orang-orang yang menyesal dengan pilihannya. Ulang tahun adalah bencana bagi orang-orang yang ingin mengakhiri hidupnya. Ulang tahun adalah beban bagi orang-orang yang khawatir dengan masa depannya. Ulang tahun adalah tanda tanya bagi orang-orang yang bingung dengan arah hidupnya.

Sebaliknya, ulang tahun adalah berkah bagi orang-orang yang menikmati hidupnya. Ulang tahun adalah sinar terang bagi orang-orang yang optimis menghadapi hidupnya. Ulang tahun adalah harapan bagi orang-orang yang ingin hidup selamanya. Ulang tahun adalah hadiah bagi orang-orang yang selalu mensyukuri hidupnya. Ulang tahun adalah tanda pencapaian bagi orang-orang yang memaknai hidupnya dengan tujuan yang berarti. Ulang tahun adalah senjata bagi orang-orang yang ingin terus berkarya.

Selamat ulang tahun. Segalanya akan selalu indah bila kita mengerti cara memaknainya.

No comments: