July 31, 2009

Sukses Bukan Hanya Pilihan

Banyak motivator mengatakan bahwa sukses adalah soal pilihan. Mereka bilang, kalau kita ingin berhasil harus memilih untuk menjadi sukses. Banyak orang mengalami kegagalan karena memang memilih untuk gagal. Pendapat para motivator tersebut memang benar. Tetapi, saya tidak sepenuhnya setuju.

Menurut saya, setiap orang pasti memilih untuk berhasil. Apakah ada di antara Anda yang memilih untuk gagal? Saya rasa tidak. Setiap orang normal pasti ingin dan memilih untuk berhasil dalam hidupnya.

Kalau setiap orang memilih untuk berhasil, kenapa masih banyak orang yang gagal? Jawabannya, mereka gagal karena tidak mau memperjuangkannya. Banyak orang memilih untuk hidup sukses, tetapi tidak mau berjuang keras. Berapa banyak yang menyerah sebelum bertanding? Berapa banyak yang tidak mau membayar harga demi sebuah kesuksesan? Ingat, tidak ada yang gratis di dunia ini.

Jadi, sukses bukan hanya soal pilihan, tetapi juga bagaimana memperjuangkan konsekuensi dari pilihan tersebut. Memilih itu mudah, memperjuangkan itu yang sulit. Memilih pekerjaan itu mudah, memperjuangkan supaya bisa mencapai puncak itu yang sulit. Memilih bisnis itu mudah, memperjuangkan supaya bisa menjadi besar itu yang sulit. Memilih pasangan (istri/suami) itu mudah, memperjuangkan supaya bisa langgeng dan harmonis itu yang sulit.

Saudara-saudara sebangsa dan setanah air, mungkin hidup memang sulit. Bahkan, ada orang yang bilang jauh lebih sulit daripada menjual kondom kepada biksu. Hehehe.. Meski demikian, saya yakin dan percaya, dibalik setiap kesulitan selalu ada kesempatan. Sesuatu yang sulit bukan berarti tidak bisa dilakukan karena tidak ada yang tidak bisa di dunia ini. Yang ada hanyalah mau atau tidak. Teruslah berjuang demi cita-cita dan impian yang sudah kita PILIH.

No comments: