July 14, 2009

Anda Ingin Sukses? Menconteklah!

Ada sebuah penelitian menarik yang menyebutkan bahwa anak-anak yang ‘bodoh’ dan nakal saat sekolah ternyata banyak yang berhasil (sukses dan kaya) dalam hidupnya, bahkan lebih sukses daripada anak-anak yang pintar. Tentu saja ini menjadi suatu kontradiksi karena waktu sekolah dulu, anak-anak bandel ini (saya tidak termasuk :p) sering dimarahi dan dikatakan bermasa depan suram oleh gurunya.

Salah satu ciri anak bandel yang sering saya amati adalah kebiasaannya mencontek anak yang pintar saat ujian. Saya tahu betul kebiasaan ini karena dulu termasuk anak ‘pintar’ (bukan sombong :p) yang sering memberikan ‘contekan’ kepada teman-teman yang tergolong ‘ndableg’ ini.

Anak-anak pintar biasanya sangat mengharamkan ‘contekan’ dan selalu menurut pada aturan guru. Sedangkan anak-anak ‘madesu’ sangat bertolak belakang. Motto mereka: ‘tiada hari tanpa mencontek’ dan ‘peraturan dibuat untuk dilanggar’. Saya berpikir mungkin kebiasaan berkelahi, mencontek dan melanggar aturan inilah yang membuat mereka bisa sukses seperti sekarang, jauh lebih sukses daripada saya.

Meski pun demikian, bukan berarti mencontek saat sekolah itu baik. Bagaimana pun juga hal itu adalah sebuah kecurangan. Yang ingin saya tekankan di sini adalah soal mencontek dalam arti yang positif, yaitu meniru dari yang terbaik. Anak-anak pintar biasanya merasa gengsi dan malu kalau harus meniru, tidak demikian halnya dengan anak-anak bandel.

Dalam kehidupan nyata, bila ingin sukses, salah satu cara yang harus kita lakukan adalah mencontek atau meniru hal-hal positif dari orang yang kita anggap sudah sukses. Jangan malu untuk meniru pemikiran-pemikiran mereka, tindakan-tindakan mereka, kebiasaan-kebiasaan mereka, sikap-sikap positif yang mereka miliki, dsb.

Banyak sekali orang-orang sukses yang membuka dirinya untuk dicontek atau diteladani. Bahkan, kerap kali mereka memberikan ‘contekan’ kepada kita secara gratis karena mungkin mereka ingat masa kecilnya dulu yang suka mencontek. Hehehe..

Jadi, tunggu apa lagi? Anda ingin sukses? Menconteklah!

PS:
Mencontek di sini bukan berarti membajak hak cipta milik orang lain. Copy-paste itu dilarang keras, kecuali kalau Anda mengcopy-paste catatan ini karena belum saya patenkan. Hehehe.. Intinya, jangan sampai mencuri milik orang lain. Kalau Anda mau ‘pinjam’, minta ijinlah terlebih dahulu.

No comments: