December 07, 2016

Preview Film: Sing (2016)


Sejak merilis Despicable Me (2010), dan sukses, nama Illumination Entertainment mulai dikenal sebagai produsen film animasi papan atas di Hollywood. Anak perusahaan Universal Studios itu dianggap mampu bersaing dengan para "senior"-nya di dunia animasi, semacam Walt Disney Animation Studios, Pixar, Dreamworks Animation, maupun Blue Sky Studios milik 21st Century Fox.

Kala itu, Despicable Me mampu meraup pemasukan lebih dari USD 500 juta, yang kemudian disusul oleh Despicable Me 2 (2013) dengan pendapatan yang lebih besar lagi, USD 970 juta. Puncak kesuksesan Illumination Entertainment, hingga saat ini, adalah saat menelurkan Minions (2015).

Film yang sebenarnya merupakan spin-off tersebut lebih sukses daripada induknya (Despicable Me). Minions mampu menembus USD 1,1 miliar secara box office dan menjadi film terlaris ke-11 sepanjang masa. Makhluk-makhluk mungil berwarna kuning itu juga sempat menjadi fenomena global yang menghiasi media sosial.

Tahun ini, Illumination Entertainment kembali menghasilkan karya. Yang pertama adalah The Secret Life of Pets. Kisah tentang hewan-hewan peliharaan itu mampu menangguk pemasukan USD 874 juta dan menjadi film kelima terlaris selama 2016, mengalahkan Batman v Superman: Dawn of Justice (USD 873 juta)! Yang kedua adalah Sing, film komedi animasi yang baru mulai tayang hari Rabu (7/12) ini di Indonesia.

Seperti halnya The Secret Life of Pets, Sing juga akan mengangkat kisah dunia hewan. Namun, bukan hewan peliharaan, melainkan hewan yang berperilaku layaknya manusia dan pandai bernyanyi! Ya, film yang semula berjudul Lunch ini akan berkisah tentang kontes menyanyi. Semacam American Idol, tapi versi hewan. Bisa dibilang, ini adalah Animal Idol.

Ceritanya bakal berfokus pada sosok Buster Moon (Matthew McConaughey), seorang, eh seekor koala optimistis pemilik theater yang terancam bangkrut. Untuk menyelamatkan bisnisnya, Buster dan partner-nya, seekor kambing hitam bernama Eddie Noodleman (John C. Reilly), kemudian mengadakan kompetisi menyanyi terbesar di dunia.

Setelah melalui babak audisi dan kualifikasi, akhirnya terpilih lima finalis, tiga cewek dan dua cowok, dari berbagai macam spesies hewan. Yaitu, Rosita (Reese Whiterspoon), Mike (Seth MacFarlene), Ashley (Scarlett Johansson), Meena (Tory Kelly), dan Johnny (Taron Egerton). Siapa yang bakal menjadi pemenang?

Rosita adalah seorang, eh seekor (maaf) babi gendut. Impian masa mudanya untuk menjadi penyanyi kandas setelah ia menikah dengan Norman (Nick Offerman), seekor babi workaholic. Apalagi, Rosita juga sangat sibuk sebagai ibu rumah tangga karena dikaruniai 25 ekor anak babi!

Selanjutnya, ada Ashley, seekor landak rocker yang beraliran punk. Semula, bersama pacarnya yang bernama Lance (Beck Bennet), Ashley tergabung dalam sebuah grup band rock-alternative, tapi akhirnya dia keluar setelah si cowok ketahuan selingkuh.

Finalis cewek yang ketiga adalah Meena. Gajah ababil keturunan India itu memiliki suara yang sangat indah. Namun, dia juga memiliki kelemahan besar, yaitu demam panggung yang sangat parah.

Untuk finalis cowok, yang paling ambisius adalah Mike, seekor tikus putih yang suka bersenandung dengan suara ala Frank Sinatra. Meski bertubuh kecil, sikapnya sangat arogan dan sering meremehkan kontestan lainnya.

Finalis yang terakhir adalah Johnny, seekor gorilla gunung. Sejak kecil, dia sudah ingin menjadi penyanyi. Namun, bokapnya yang bernama Marcus (Peter Serafinowicz) adalah seorang boss gangster dan selalu memaksa Johnny untuk mengikuti jejaknya di dunia kriminal.

Salah satu daya tarik utama dari film Sing ini adalah deretan nama besar yang menjadi pengisi suaranya. Sebut saja bintang kawakan, Matthew McConaughey (Alright.. Alright.. Alright..), yang dua tahun lalu meraih Piala Oscar lewat Dallas Buyers Club (2013). Selain itu, juga ada Reese Whiterspoon, Aktris Terbaik Academy Awards lewat Walk the Line (2005).

Superstar lainnya adalah Scarlett "ScarJo" Johansson, aktris supersexy dengan suara serak-serak becek, yang selama ini melejit lewat perannya sebagai Black Widow di Marvel Cinematic Universe. Lalu, jangan lupakan pula, ada Taron Egerton, bintang Kingsman: The Secret Service (2014), dan Seth MacFarlene, komedian serba bisa, yang juga seorang penyanyi, yang jago bikin film (Ted, Ted 2) dan serial televisi (Family Guy, American Dad!).

Selain MacFarlene, dubber lainnya yang punya latar belakang di dunia tarik suara adalah Tory Kelly. Penyanyi yang pernah masuk nominasi Grammy Awards ini mulai dikenal setelah mengupload video di YouTube pada usia 14 tahun. Menariknya, dia juga pernah mengikuti American Idol, meskipun akhirnya tereliminasi. Pengalamannya sebagai kontestan tersebut sangat mendukung perannya dalam film Sing, yang memang bertema idol-idol-an.

Satu hal lagi yang membuat film berbujet USD 75 juta ini wajib ditonton, terutama bagi para pencinta musik, adalah deretan lagu-lagu, alias soundtrack-nya. Menurut sutradara Garth Jennings, selama 110 menit, Sing akan dipenuhi oleh 85 lagu klasik dan populer dari berbagai genre. Mulai dari "Bad Romance", "Butterfly", "Kiss From A Rose", hingga "My Way"-nya Frank Sinatra. Selain itu, juga ada original song berjudul "Faith" yang dinyanyikan oleh Stevie Wonder dan Ariana Grande!

Setelah tayang perdana di Toronto International Film Festival pada 11 September 2016, Sing mendapat rating cukup positif dari mayoritas kritikus dan situs review. Hanya saja, secara box office, film rilisan Universal Pictures ini masih diragukan bisa sesukses Minions ataupun The Secret Life of Pets, karena harus bersaing langsung dengan film blockbuster semacam Rogue One: A Star Wars Story.

***

Sing

Sutradara: Garth Jennings
Produser: Chris Meledandri, Janet Healy
Penulis Skenario: Garth Jennings
Pemain: Matthew McConaughey, Reese Witherspoon, Seth MacFarlane, Scarlett Johansson, John C. Reilly, Tori Kelly, Taron Egerton, Nick Kroll
Musik: Joby Talbot
Penyunting: Gregory Perler
Produksi: Illumination Entertainment
Distributor: Universal Pictures
Durasi: 110 menit
Budget: USD 75 juta
Rilis: 11 September 2016 (TIFF), 7 Desember 2016 (Indonesia), 21 Desember 2016 (Amerika Serikat)

Ratings
IMDb: 7,1/10
Rotten Tomatoes: 73%
Metacritic: 67/100




No comments: