December 04, 2016

Preview Film: Incarnate (2016)


Tema kerasukan dan pengusiran roh jahat memang selalu menarik bagi para horrormania. Film-film misteri supranatural legendaris semacam The Exorcist, Poltergeist, dan The Amityville Horror, hingga rilisan baru seperti Paranormal Activity, Sinister, Insidious dan The Conjuring selalu laris manis di layar bioskop.

Begitu juga dengan tahun ini, film-film horror bertema eksorsisme mendapat sambutan positif. Sebut saja The Conjuring 2 dan Ouija: Origin of Evil. Tak ketinggalan, Incarnate yang baru tayang hari Jumat (2/12) ini.

Film Incarnate mengangkat kisah tentang seorang ilmuwan bernama Dr. Seth Ember (Aaron Eckhart) yang mempunyai keahlian langka. Pria yang duduk di kursi roda setelah mengalami kecelakaan fatal tersebut mampu masuk ke alam pikiran bawah sadar seseorang yang mengalami kesurupan.

Suatu ketika, Vatikan menugaskannya untuk menangani kasus seorang bocah laki-laki berusia 11 tahun yang sedang kerasukan setan. Saat memasuki pikiran anak tersebut, Ember terkejut. Iblis yang ia temui ternyata adalah roh jahat yang pernah ia hadapi di masa lalunya. Mampukah kali ini Ember mengalahkannya?

Karakter Dr. Seth Ember memang menarik. Dia bukan pastor atau pendeta seperti para exorcist pada umumnya. Dia menggunakan pendekatan teknologi untuk memasuki pikiran para korban yang kesurupan dan melawan setan yang merasuki mereka. Bisa dibilang, Incarnate ini merupakan perpaduan antara Inception, A Nightmare on Elm Street, dan The Exorcist.

Film berdurasi 91 menit ini disutradarai oleh Brad Peyton. Jika melihat rekam jejaknya, Incarnate adalah pengalaman pertamanya membesut film horror. Sebelum ini, nama pria 38 tahun tersebut mulai dikenal setelah menghasilkan film bencana, San Andreas (2015), yang dibintangi oleh Dwayne "The Rock" Johnson.

Meski baru diputar secara global pada 2 Desember 2016, Incarnate sudah mendapat rating cukup lumayan dari situs IMDb. Jika dilihat dari trailer-nya, film produksi Blumhouse dan WWE Studios ini memang cukup mencekam. Layak menjadi film horror pamungkas di akhir tahun ini.

***

Incarnate

Sutradara: Brad Peyton
Produser: Jason Blum, Trevor Engelson, Michael Seitzman
Penulis Skenario: Ronnie Christensen
Pemain: Aaron Eckhart, Carice van Houten, Catalina Sandino Moreno, David Mazouz, Keir O'Donnell, Matt Nable, John Pirruccello
Musik: Andrew Lockington
Sinematografi: Dana Gonzales
Penyunting: Todd E. Miller, Jonathan Chibnall
Produksi: IM Global, Blumhouse Productions, WWE Studios, Deep Underground Films
Distributor: Blumhouse Tilt, High Top Releasing, Universal Pictures
Durasi: 91 menit
Budget: USD 5 juta
Rilis: 2 Desember 2016 (Amerika Serikat & Indonesia)

Ratings
IMDb: 7,7/10


No comments: