May 28, 2017

Preview Film: Stratton (2017)


Nama Duncan Falconer mungkin belum setenar almarhum Ian Fleming, yang sukses menelurkan serial novel James Bond. Meski demikian, track record mantan anggota Special Boat Service (SBS) tersebut tak bisa diremehkan dalam dunia tulis-menulis.

Seperti halnya Fleming, Falconer juga mampu menghasilkan serial novel ala James Bond. Hingga delapan seri. Tentang anggota pasukan elite Inggris, SBS, yang bernama John Stratton. Film adaptasinya saat ini sedang tayang di bioskop-bioskop Cinema 21 Indonesia.

Karakter John Stratton sendiri memang didasarkan pada Duncan Falconer. Anggota SBS yang bekerja untuk Detasemen Intelijen di Irlandia Utara. Menjalankan misi berbahaya dan mempertaruhkan nyawa sudah menjadi makanan sehari-sehari. Dalam film berdurasi 95 menit ini, Stratton dan rekan-rekan setimnya harus menghadapi ancaman teroris yang menyerang Kota London dengan senjata biologis.

Awalnya, yang digadang-gadang sebagai pemeran John Stratton adalah Henry Cavill. Namun, karena sibuk dengan proyek Batman v Superman: Dawn of Justice (2016), aktor asal Inggris itu akhirnya mengundurkan diri. Yang ditunjuk sebagai penggantinya adalah Dominic Cooper.

Seperti halnya Cavill, Cooper juga berkebangsaan Inggris. Meski belum pernah menjadi bintang utama di film-film blockbuster, sepak terjangnya di Hollywood tak perlu diragukan. Aktor berusia 39 tahun itu sudah pernah terlibat di Captain America: The First Avenger (2011), Need for Speed (2014), Dracula Untold (2014), Warcraft (2016), dll.

Di kursi sutradara, pihak produser menunjuk Simon West, yang juga berasal dari Inggris, untuk menggarap Stratton. Selama ini, West sudah berpengalaman menghasilkan berbagai macam film action. Mulai dari Con Air (1997)-nya Nicolas Cage hingga The Mechanic (2011)-nya Jason Statham. Selain itu, dia juga pernah membesut Lara Croft: Tomb Raider (2001), Stolen (2012), The Expendables 2 (2012) dan Wild Card (2015).

Nama besar West dan Cooper seharusnya membuat Stratton menjadi film action thriller yang seru. Sayangnya, setelah tayang midnight pada weekend yang lalu, beberapa media di Indonesia memberikan review negatif.

Alur cerita film yang juga dibintangi oleh Tyler Hoechlin, pemeran Superman dalam serial Supergirl, ini dianggap terlalu datar. Simon West dinilai tidak menampilkan hal baru yang bisa membuat penonton terkesan. Akting para pemainnya juga biasa-biasa saja. Dominic Cooper tidak banyak membantu.

Sementara itu, respon dari para kritikus internasional masih belum diketahui karena film ini belum dirilis. Stratton memang baru akan tayang di Inggris pada 28 Juli 2017 nanti.

***

Stratton

Sutradara: Simon West
Produser: Matthew Jenkins
Penulis Skenario: Duncan Falconer, Warren Davis
Berdasarkan: Stratton series by Duncan Falconer
Pemain: Dominic Cooper, Gemma Chan, Austin Stowell, Tyler Hoechlin, Tom Felton
Musik: Nathaniel M├ęchaly
Sinematografi: Felix Wiedemann
Penyunting: Andrew MacRitchie
Produksi: GFM Films
Durasi: 95 menit
Rilis: 23 Mei 2017 (Indonesia), 28 Juli 2017 (Inggris)

Rating (hingga 24 Mei 2017)
IMDb: 4,9/10

No comments: