May 15, 2017

Preview Film: Bedeviled (2016)


Di era digital dan ponsel pintar ini, kehidupan manusia tidak bisa dilepaskan dari yang namanya aplikasi. Beragam program canggih diunduh dan ditanam ke dalam smartphone untuk membantu dan mempermudah kegiatan sehari-hari.

Namun, apa jadinya jika aplikasi yang semula diciptakan untuk membantu manusia tersebut malah berubah menjadi sesuatu yang mengerikan dan, bahkan, mengancam nyawa pemakainya? Tema inilah yang diangkat oleh film horror supernatural berjudul Bedeviled, yang tayang di bioskop-bioskop Cinemaxx dan CGV Cinemas mulai hari Rabu (10/5) yang lalu.

Kisah film yang disutradarai oleh The Vang Brothers tersebut berkutat pada lima ababil, Alice (Saxon Sharbino), Cody (Mitchell Edwards), Dan (Brandon Soo Hoo), Haley (Victory Van Tuyl), dan Gavin (Carson Boatman) yang men-download sebuah aplikasi mirip Apple Siri bernama Mr. Bedevil. Aplikasi canggih itu bisa berkomunikasi langsung dengan penggunanya untuk diperintah mencari sesuatu, seperti alamat, email, nomor telepon, hingga restoran mana yang makanannya enak.

Namun, lambat laun, gejala aneh mulai ditunjukkan oleh oleh aplikasi misterius tersebut. Program artificial intelligence bernama Mr. Bedevil (Jordan Essoe) itu menjadi terlalu pintar. Dia bisa mengetahui perasaan terdalam penggunanya, seperti rasa takut dan rasa cemas. Bahkan, tidak sekadar menakut-nakuti, Mr. Bedevil akhirnya juga melancarkan teror untuk menyeret kelima remaja tersebut menuju kematian mereka!

Jika melihat jalan ceritanya, Mr. Bedevil ini, bisa dibilang, semacam Bogeyman yang muncul lewat aplikasi ponsel. Dalam urban legend Amerika, makhluk mengerikan itu sering digunakan untuk menakut-nakuti anak-anak agar berkelakuan baik. Soalnya, jika nakal, mereka bakal diculik oleh Bogeyman. Semacam Wewe Gombel dalam budaya Jawa.

Sayangnya, meski menawarkan kisah horror yang dipadu dengan kecanggihan teknologi, Bedeviled mendapat respon kurang positif. Para penonton hanya memberi rating rata-rata 4,4/10 di situs IMDb.

***

Bedeviled

Sutradara: Abel Vang, Burlee Vang
Produser: Abel Vang, Burlee Vang, Kirk Roos
Penulis Skenario: Abel Vang, Burlee Vang
Pemain: Saxon Sharbino, Victory Van Tuyl, Brandon Soo Hoo, Bonnie Morgan
Musik: David C. Williams
Sinematografi: Jimmy Jung Lu
Penyunting: Cole Duran
Produksi: Circle 18, Conduit, STANDOFF Pictures
Distributor: Ascot Elite Entertainment Group
Durasi: 99 menit
Rilis: 22 Oktober 2016 (Screamfest LA), 10 Mei 2017 (Indonesia)

Rating (hingga 12 Mei 2017)
IMDb: 4,4/10

No comments: