April 12, 2017

Preview Film: The Boss Baby (2017)


Disney memang dikenal sebagai rajanya film animasi di Hollywood. Meski demikian, mereka bukannya tanpa pesaing. Ada DreamWorks Animation yang kiprahnya juga tidak bisa diremehkan. Tahun lalu, studio yang didirikan oleh sang Maestro Steven Spielberg itu cukup sukses saat merilis Kung Fu Panda 3 dan Trolls.

Tahun ini, saat Disney belum meluncurkan karya animasi, mungkin karena masih fokus dengan proyek live-action Beauty and the Beast (2017), DreamWorks sudah mencuri start dengan The Boss Baby. Film yang kisahnya diadaptasi dari buku anak-anak bergambar dengan judul sama karangan Marla Frazee itu sudah bisa dinikmati di bioskop-bioskop Indonesia mulai hari Rabu (5/4) ini.

Fokus cerita The Boss Baby adalah seorang bayi misterius yang diadopsi oleh keluarga Templeton. Uniknya, bayi tersebut datang dengan mengenakan setelan jas, lengkap dengan tas kerjanya, layaknya seorang eksekutif top.

Kehadiran The Boss Baby (Alec Baldwin) ternyata membuat Tim (Miles Bakshi) cemburu. Anak tunggal keluarga Templeton yang baru berusia tujuh tahun itu merasa si bayi ajaib tersebut telah merebut perhatian kedua bonyoknya, Ted (Jimmy Kimmel) dan Janice (Lisa Kudrow), dari dirinya.

Tim, pada akhirnya, harus bekerja sama dengan The Boss Baby setelah mengetahui bahwa si bayi merupakan agen rahasia dari Baby Corp. Misinya adalah menghentikan rencana Francis E. Francis (Steve Buscemi), CEO dari Puppy Co. yang berniat merusak keseimbangan kasih sayang di seluruh dunia dengan membuat orang tua lebih mencintai anak anjing, bukan bayi. Jadilah film rilisan 20th Century Fox ini "perang" antara baby melawan puppy.

Jika melihat para dubber-nya, The Boss Baby memang bukan film animasi ecek-ecek. Sejumlah nama besar ikut ambil bagian. Sebut saja Alec Baldwin, Steve Buscemi, Jimmy Kimmel dan Lisa Kudrow. Selain itu, juga ada Tobey "Spider-Man" Maguire yang mengisi suara karakter Tim dewasa, yang sekaligus berperan sebagai narator di film berdurasi 98 menit ini.

Alec Baldwin, yang dulu lebih sering bermain di film-film serius semacam Pearl Harbor (2001) dan The Departed (2006), memang mulai beralih ke komedi sejak membintangi serial sitkom 30 Rocks (2006-2013) bareng Tina Fey. Berkat perannya sebagai Jack Donaghy, kakak Stephen Baldwin itu meraih 2 piala Emmy Awards pada 2013, 3 trofi Golden Globes pada 2010, dan 7 penghargaan di SAG Awards.

Dengan jam terbang lebih dari 80 judul film dan ratusan episode serial televisi, kualitas akting Alec Baldwin memang tidak perlu diragukan. Aktor yang sekilas mirip pelatih Bayern Muenchen, Carlo Ancelotti, ini bisa memerankan karakter apa saja dengan brilian. Termasuk, ketika dia harus bernyanyi bersama Russell Brand di film komedi musikal Rock of Ages (2012).

Di samping para cast berbintang, The Boss Baby juga dibesut oleh sosok yang berpengalaman di dunia animasi. Tom McGrath selama ini dikenal sebagai sutradara dari empat film franchise Madagascar (2005-2014). Selain itu, dia juga menelurkan Mr. Peabody & Sherman yang dirilis pada tahun 2014.

Sebelum The Boss Baby, McGrath sebenarnya sudah pernah bekerja sama dengan Alec Baldwin di Madagascar: Escape 2 Africa (2008). Kala itu, Baldwin mengisi suara singa bernama Makunga, yang merupakan villain utama di film produksi DreamWorks Animation tersebut.

Baldwin sendiri mengaku tidak kesulitan menjadi dubber untuk kali kedua di film animasi besutan McGrath. Suami Hilaria Thomas tersebut, saat ini, memang memiliki dua anak yang masih balita. Hal itu membuatnya lebih mudah untuk mendalami karakter bayi. Tinggal ditambah dengan gaya bossy, jadilah The Boss Baby.

Satu hal yang menarik, gaya si bayi yang nge-boss itu dianggap meniru Donald Trump. Karakternya yang ambisius memang mengingatkan kita pada sosok Presiden Amerika Serikat tersebut. Apalagi, dalam enam bulan terakhir, Alec Baldwin rutin memarodikan Trump di acara komedi Saturday Night Live (SNL) sebanyak 17 kali!

Aktingnya yang ekselen sebagai suami Melania Knauss tersebut sampai membawa Baldwin meraih Critics' Choice Awards. Bahkan, saking miripnya, koran El Nacional dari Republik Dominika pernah salah memasang foto Baldwin yang mereka kira sebagai Trump beneran. Padahal, itu adalah Trump KW!

Sementara itu, sutradara Tom McGrath menegaskan The Boss Baby bukan parodi tentang Donald Trump. Menurutnya, film yang skenarionya ditulis oleh Michael McCullers, yang saat ini juga sedang menggarap naskah Shrek 5, itu tidak bermaksud menyindir siapa pun. McGrath mengaku sudah mengincar Alec Baldwin sebagai pemeran utama jauh sebelum Trump menjadi calon presiden.

Proses produksi The Boss Baby sebenarnya memang dimulai sejak 2014, tapi perilisannya sempat mengalami penundaan beberapa kali. Pertama diumumkan bakal tayang pada 18 Maret 2016, lalu menjadi 13 Januari 2017, kemudian berubah lagi menjadi 10 Maret 2017, sebelum akhirnya dirilis di Amerika Serikat pada 31 Maret 2017.

Sebagai sarana promosi, The Boss Baby ternyata juga tak segan untuk memanfaatkan film produksi Disney, yang notabene merupakan pesaing DreamWorks Animation. Dari trailer terbarunya, tampak si bayi yang dewasa sebelum waktunya itu sedang bermain dengan boneka Lumiere dan Cogsworth, dua karakter jenaka yang muncul di Beauty and the Beast.

Upaya 20th Century Fox untuk menarik perhatian dengan gimmick tersebut, tampaknya, cukup berhasil. The Boss Baby, bahkan, mampu mengkudeta Beauty and the Beast yang sudah dua minggu berkuasa di puncak box office. Pada weekend ketiga, film yang dibintangi oleh Emma Watson itu "hanya" mampu mengumpulkan pemasukan USD 47,5 juta di Amerika, kalah tipis dari si Boss Bayi (USD 49 juta).

Pihak produser sendiri mengaku tak menyangka film komedi animasi berbujet USD 125 juta tersebut mampu memuncaki box office di pekan perdana. Awalnya, mereka hanya menargetkan pemasukan USD 20 juta dalam seminggu pemutaran pertama. Menurut Chris Aronson, kepala distribusi 20th Century Fox, The Boss Baby berhasil memikat penonton karena konsepnya bagus dan dibintangi oleh Alec Baldwin yang suaranya sangat khas.

Sayangnya, meski cukup berhasil secara komersial dan disukai oleh para moviegoer, film yang musiknya digarap oleh Hans Zimmer ini mendapat respon kurang positif dari para kritikus. Premis cerita The Boss Baby, bayi melawan anak anjing, dianggap terlalu mengada-ada. Arah plotnya juga tidak jelas serta banyak humor dewasa yang tidak lucu dan eksekusinya tidak mulus.

***

The Boss Baby

Sutradara: Tom McGrath
Produser: Ramsey Ann Naito
Penulis Skenario: Michael McCullers
Berdasarkan: The Boss Baby by Marla Frazee
Pemain: Alec Baldwin, Steve Buscemi, Miles Bakshi, Jimmy Kimmel, Lisa Kudrow, Tobey Maguire
Musik: Hans Zimmer, Steve Mazzaro
Penyunting: James Ryan
Produksi: DreamWorks Animation
Distributor: 20th Century Fox
Durasi: 98 menit
Budget: USD 125 juta
Rilis: 12 Maret 2017 (Miami), 31 Maret 2017 (Amerika Serikat), 5 April 2017 (Indonesia)

Rating (hingga 4 April 2017)
IMDb: 6,1/10
Rotten Tomatoes: 49%
Metacritic: 50/100
CinemaScore: A-


No comments: