September 23, 2009

Janji Joko

Joko Anwar, sutradara film terkenal, kemarin sempat membuat heboh dunia maya, khususnya di situs microblogging Twitter. Berawal dari sebuah tweet-nya, yang saya sendiri tidak tahu hanya iseng atau memang serius, sutradara film “Janji Joni” dan “Pintu Terlarang” ini harus melakukan sebuah tindakan yang tergolong fenomenal untuk ukuran Indonesia, yaitu telanjang bulat di sebuah minimarket terkenal.

Tweet (semacam status kalau di Facebook) yang memancing kehebohan itu adalah: "If I got my 3000th follower today, I'll go into a Circle K naked," yang diposting di account twitter-nya pada hari Selasa (22/9/2009), sekitar pukul 14.00 WIB. Tanpa dinyana sebelumnya, ternyata tweet (iseng?) tersebut direspon oleh seluruh twitterer di Indonesia. Dalam tempo kurang dari sejam, jumlah “pengikut” Joko Anwar sudah menembus angka 3.000 orang lebih. Ini berarti dia harus menepati janjinya. Yap, janji adalah janji, Mas Joko!

Sempat diragukan keberaniannya, Joko Anwar, usia 33 tahun, memang menunjukkan bahwa dirinya pria sejati. Apalagi, jumlah followernya yang terus bertambah (sampai tengah malam sudah mencapai 12.000 orang lebih), memaksa Joko Anwar membuktikan omongannya. Tampaknya, film “Janji Joni” harus berubah title menjadi “Janji Joko” kemarin malam.

Sekitar pukul sembilan malam, tim sukses “Janji Joko” mulai bergerak mencari Circle K yang “nyaman” untuk melakukan aksi pemenuhan janji tersebut. Akhirnya, setelah beberapa jam muter-muter, dipilihlah Circle K di daerah Bintaro, Jakarta, sebagai TKP “Janji Joko”. Semua update tersebut dilaporkan secara langsung oleh tim sukses dan Joko Anwar sendiri via Twitter. Saya mencatat hal ini sebagai Reality Twitter (Naked) Show pertama di Indonesia. Kayaknya, Twitter Award of The Year harus diberikan kepada Joko Anwar and his team. Dan saking hebohnya, Circle K sempat menduduki trending topics peringkat pertama di Twitter. I think, Circle K must give him a royalty.

Tepat pukul 00.30 WIB dini hari (23/9/2009), Joko Anwar membuat sejarah sebagai orang waras pertama (di dunia?) yang masuk Circle K dengan bugil tanpa sehelai benang pun. Sempat membuat shock pegawai Circle K, aksi itu tergolong cukup sukses, meskipun menurut beberapa sumber sempat terdengar raungan sirine polisi. Selesai melakukan aksinya, Joko and his team langsung cabut, dan ini adalah tweet pertama yang dipostingnya: "A promise is a promise, Mr. Politicians! . :) ," sambil menuliskan alamat link foto bugilnya. Saya jadi penasaran, apakah Joko Anwar sempat membeli sesuatu di minimarket tersebut?

Terlepas dari pro dan kontra terhadap aksi “Joko Naked Nekad” ini, satu hal yang harus kita garis bawahi adalah: apa yang sudah kita janjikan harus kita tepati, sepanjang hal tersebut tidak berdosa.

Question: “Berdosakah hal yang dilakukan Joko Anwar?” Saya pribadi mengatakan: “Tidak.” Joko Anwar baru saya anggap berdosa bila dia masuk minimarket dan mengutil barang tanpa membayar. Tapi, kita semua tahu, dia tidak melakukan hal itu. Dia hanya sekedar masuk minimarket telanjang, membuat kaget pegawai minimarket, lalu kabur.

Jadi, apa pun kata orang, saya ucapkan selamat kepada Joko Anwar. Saya yakin dia akan semakin terkenal dan dikagumi banyak orang berkat aksi nekadnya tadi malam. Minimal, saya yang semula tidak mengenalnya, sekarang menjadi kenal dan mungkin akan menonton film-filmnya. Btw, ini adalah tweet lain dari Joko Anwar: "'Behind the Scene' on youtube soon.. Hahahaha...," tulisnya pasca aksi bugil tadi malam.
Well done, Mr. Joko Anwar!

Quiz: “Berapa panjang twit-tit Joko Anwar?”

No comments: