July 23, 2017

Preview Film: Baywatch (2017)


Salah satu serial televisi yang paling ditunggu-tunggu oleh para cowok generasi tahun 1990-an adalah Baywatch. Adegan slow motion Pamela Anderson berlari di bibir pantai memakai one piece merahnya, dengan (maaf) buah dada gondal-gandul, memang priceless sekali. Apalagi, saat itu belum ada KPI yang tanpa pandang bulu nge-blur belahan dada seperti sekarang.

Setelah mengudara selama 12 musim, sejak tahun 1989, serial tentang para lifeguard itu memang akhirnya tamat pada tahun 2001. Seiring dengan melorotnya pamor Pamela Anderson dan David Hasselhoff yang semakin menua.

Namun, tahun ini, setelah hampir dua dekade, para fans Baywatch boleh bergembira. Dan bernostalgia. Sebuah film tentang para penjaga pantai itu dirilis di layar lebar. Bintangnya pun bukan main-main. Yaitu, Dwayne "The Rock" Johnson. Aktor dengan penghasilan tertinggi di Hollywood saat ini.

Mantan pegulat smackdown tersebut memerankan tokoh utama Baywatch, yaitu Lt. Mitch Buchannon. Pemimpin para lifeguard itu dulu sangat identik dengan David "Knight Rider" Hasselhoff, yang selama 12 tahun memerankan karakter tersebut di serial televisinya.

Sementara itu, sosok Casey Jean "C. J." Parker, yang dulu identik dengan Pamela Anderson, kali ini diperankan oleh Kelly Rohrbach. Begitu juga dengan Summer Quinn, yang dulu diperankan oleh Nicole Eggert, di versi layar lebarnya ini dimainkan oleh aktris supersexy, Alexandra Daddario.

Hampir semua karakter di versi film ini memang merujuk pada serial Baywatch. Selain Mitch, C. J., dan Summer, juga muncul Stephanie Holden (Ilfenesh Hadera), Matt Brody (Zac Efron) dan Garner Ellerbee (Yahya Abdul-Mateen II), yang dulu diperankan oleh Alexandra Paul, David Charvet dan Gregory Alan Williams.

Satu-satunya karakter baru di film Baywatch adalah Victoria Leeds. Namun, sosok yang diperankan oleh Priyanka Chopra tersebut bukan penjaga pantai, melainkan tokoh antagonis yang bakal menjadi lawan Mitch dkk.

Hal lain yang menjadi pembeda antara Baywatch versi film dan serial televisi adalah setting-nya. Dulu, para lifeguard tersebut bertugas menjaga pantai Malibu di Los Angeles County, California. Kini, Mitch dan timnya berlokasi di Emerald Bay, Florida.

Dibantu oleh wakilnya, Stephanie Holden, dan lifeguard senior, C. J. Parker, Mitch Buchannon telah menyelamatkan ratusan nyawa pengunjung pantai dari bahaya. Orang-orang sangat menyukainya dan dia sangat mencintai pekerjaannya. Mitch pun dikenal sebagai penjaga pantai legendaris di Emerald Bay.

Namun, kekompakan tim lifeguard yang dipimpin oleh Mitch kemudian terusik setelah kedatangan anggota baru yang urakan, Matt Brody. Sebagai mantan atlet renang yang pernah meraih dua medali emas Olimpiade, sikapnya sangat arogan dan cenderung tidak menghormati Mitch.

Brody dihukum menjadi penjaga pantai setelah mempermalukan tim renangnya saat pertandingan. Mitch pun ditantang untuk menjinakkan anak buah barunya yang bengal, tapi sebenarnya berhati baik tersebut.

Permasalahan yang dihadapi oleh Mitch menjadi semakin pelik setelah pantai yang menjadi daerah pengawasannya mulai dimasuki oleh pengedar obat-obatan terlarang. Adalah Victoria Leeds, sosok yang menjadi biangnya dengan membuka bisnis haram berkedok bar di kawasan Emerald Bay.

Mitch, Brody, dan kawan-kawan pun harus bekerja sama untuk membongkar kebusukan Victoria. Susahnya, mereka sering dihalang-halangi oleh pihak kepolisian yang mempertanyakan kewenangan lifeguard yang hanya sebagai penjaga pantai. Mampukah tim Baywatch mengembalikan ketentraman di Teluk Emerald?

Kehadiran Priyanka Chopra, meski sebagai tokoh antagonis, di film berdurasi 116 menit ini memang sangat ditunggu-tunggu. Sebagai pemenang Miss World tahun 2000, kecantikan bintang serial Quantico itu bakal semakin menyegarkan Baywatch yang selalu dipenuhi oleh cewek-cewek sexy.

Berbeda dengan versi serialnya yang bergenre action drama, sutradara Seth Gordon menggarap film Baywatch ini dengan menambahkan unsur komedi yang kental. Di samping menyajikan pemandangan pantai, bikini, dan aksi penyelamatan yang heroik, Gordon juga menampilkan banyak adegan humor yang bakal mengundang gelak tawa para penonton.

Karakter Mitch Buchannon, yang dulu diperankan David Hasselhoff, kini juga jauh lebih kekar. Penampilan The Rock memang sangat meyakinkan sebagai sosok penjaga pantai yang kuat, gesit dan cekatan. Bintang franchise Fast & Furious itu bisa memenuhi harapan para penonton dan merupakan aktor yang tepat untuk memerankan pemimpin para lifeguard.

Oh, ya. Di Baywatch versi film ini, David Hasselhoff dan Pamela Anderson juga bakal muncul. Mungkin, hanya sebagai cameo. Hal ini, tentu saja, akan membuat para fans semakin bernostalgia.

Sayangnya, setelah dirilis di Amerika Serikat pada 25 Mei 2017 yang lalu, Baywatch gagal mendapat respon positif dari para kritikus. Kehadiran The Rock, yang biasanya laris ditonton, juga tidak mampu membuat film burbujet USD 69 juta ini sukses di box office. Hingga kini, Baywatch baru mengumpulkan pemasukan USD 164 juta.

Meski demikian, pihak produser, kabarnya, sudah mempersiapkan sekuelnya. Hasil yang kurang memuaskan di film pertama ini, tampaknya, tidak membuat Paramount Pictures kapok. Apalagi, The Rock dan Zac Efron, selaku dua bintang utama, sepertinya, juga siap kembali tampil di Baywatch jilid kedua.

***

Baywatch

Sutradara: Seth Gordon
Produser: Ivan Reitman, Michael Berk, Douglas Schwartz, Gregory J. Bonann, Beau Flynn
Penulis Skenario: Damian Shannon, Mark Swift
Pengarang Cerita: Jay Scherick, David Ronn, Thomas Lennon, Robert Ben Garant
Berdasarkan: Baywatch by Michael Berk, Douglas Schwartz, Gregory J. Bonann
Pemain: Dwayne Johnson, Zac Efron, Priyanka Chopra, Alexandra Daddario, Jon Bass, David Hasselhoff
Musik: Christopher Lennertz
Sinematografi: Eric Steelberg
Penyunting: Peter S. Elliot
Produksi: Paramount Pictures, Contrafilm, The Montecito Picture Company, Vinson Pictures, Seven Bucks Productions, Flynn Company, Cold Spring Pictures
Distributor: Paramount Pictures
Durasi: 116 menit
Budget: USD 69 juta
Rilis: 13 Mei 2017 (Miami), 25 Mei 2017 (Amerika Serikat), 19 Juli 2017 (Indonesia)

Rating (hingga 19 Juli 2017)
IMDb: 5,8/10
Rotten Tomatoes: 19%
Metacritic: 37/100
CinemaScore: B+


1 comment:

nayasa said...

om,, artikelnya bagus,, kalo jadi penulis blog saya mau?