February 16, 2017

Preview Film: Don't Knock Twice (2016)


Sutradara Caradog W. James sempat mendapat pujian dari para kritikus saat menelurkan The Machine (2013), yang menjadi debutnya di layar lebar. Film sci-fi thriller yang naskahnya juga ditulis sendiri oleh pria asal Wales itu meraih rating cukup positif dari berbagai situs review.

Tahun ini, James kembali menghasilkan karya. Bukan lagi thriller, melainkan film horror. Berjudul Don't Knock Twice, yang mulai tayang di bioskop-bioskop Indonesia pada hari Rabu (8/2) ini.

Kisahnya tentang sebuah legenda urban, yaitu sebuah rumah kosong yang dulu ditinggali oleh seorang penyihir jahat. Konon, jika ada yang berani mengetuk pintu rumah angker tersebut dua kali, si penyihir yang suka menculik anak-anak itu bakal bangkit dari kematiannya.

Suatu malam, ada sepasang ababil, Chloe (Lucy Boynton) dan pacarnya, Danny (Jordan Bolger), yang iseng ingin menguji kebenaran urban legend di atas. Mereka pun mengetuk pintu rumah kosong tersebut. Dua kali. Dan, hasilnya bisa ditebak. Si Danny langsung ilang diculik oleh arwah si penyihir jahat.

Ketakutan, Chloe kemudian kabur ke rumah ibunya, Jess (Katee Sackhoff). Relasi ibu dan anak ini sebenarnya sedang bermasalah setelah Jess kawin lagi dengan seorang banker tajir bernama Ben (Richard Mylan). Mampukah mereka memperbaiki hubungan sekaligus menyelamatkan diri dari cengkeraman hantu penyihir?

Seperti film-film horror pada umumnya, sutradara Caradog W. James juga menggunakan jump scare, spooky-dim lighting, dan electronic musical score yang menyeramkan. Sayangnya, setelah tayang perdana di Inggris pada 29 September 2016 yang lalu, Don't Knock Twice mendapat rating negatif dari berbagai kritikus dan situs review.

***

Don't Knock Twice

Sutradara: Caradog W. James
Produser: John Wiwa-Amu, Claire Moorsom
Penulis Skenario: Mark Huckerby, Nick Ostler
Pemain: Katee Sackhoff, Lucy Boynton, Nick Moran, Richard Moylan, Pooneh Hajimohammadi, Javier Botet
Musik: James Edward Barker, Steve Moore
Sinematografi: Adam Frisch
Penyunting: Matt Platts-Mills
Produksi: Red & Black Films, Seymour Films
Distributor: IFC Midnight
Durasi: 93 menit
Rilis: 29 September 2016 (Inggris), 3 Februari 2017 (Amerika Serikat), 8 Februari 2017 (Indonesia)

Ratings
IMDb: 5,6/10
Rotten Tomatoes: 30%
Metacritic: 47/100

No comments: