April 28, 2009

2009 F1 Chinese GP – Shanghai: Preview

Balap F1 musim ini makin seru saja, dan saat ini memasuki lomba ketiga di sirkuit Shanghai. Siang tadi babak kualifikasi baru saja selesai dilakukan dan hasilnya makin menunjukkan bahwa persaingan musim ini akan semakin menarik. Bila dua balapan pertama di Melbourne dan Sepang didominasi oleh Brawn GP, di Shanghai giliran Red Bull (dan Renault – karena posisi 2 starting grid ditempati Alonso dari Renault dan Red Bull sendiri menggunakan mesin Renault). Ya, di balapan kali ini Red Bull merebut pole position untuk pertama kalinya dan sekaligus juga P3 starting grid.
Adalah “Der Wunder Kid” Sebastien Vettel yang mencetak sejarah untuk Red Bull dengan menempati pole position sedangkan rekan Aussie-nya Mark Webber menempati P3. Setelah sempat mengejutkan tahun lalu bersama Scuderia Toro Rosso dengan merebut kemenangan pertamanya, tahun ini Vettel akan mengejar kemenangan keduanya, ketiganya, keempatnya, dan……Ya si anak ajaib ini sepertinya sedang dalam trend yang meningkat tahun ini. Waktu seri pertama di Melbourne, Vettel hampir naik podium, tapi sayang hanya beberapa lap menjelang finis dia bertabrakan dengan Robert Kubica. Sialnya lagi, setelah lomba dia dikenai sanksi karena tidak langsung menghentikan mobilnya setelah terjadi tabrakan. Terpaksa di Sepang dia turun 10 posisi start. Di balapan ke-3 ini sepertinya keadaan masih baik-baik saja, semoga besok dia tidak kembali sial sehingga bisa merebut victory kedua sepanjang karirnya, atau minimal naik podium.
Penantang Vettel di balapan besok adalah Fernando Alonso. World Champion 2 kali ini tampil mengejutkan bersama Renault dan merebut P2, posisi start terbaiknya sejak GP Spanyol 2008. Yang menjadi problem bagi Alonso mungkin masalah daya tahan mobil yang sering angin-anginan. Posisi ketiga adalah rekan setim Vettel, yaitu Mark Webber. Pembalap senior ini juga punya peluang yang sama untuk merebut victory pertamanya musim ini.
Dimana Brawn GP? Setelah mendominasi di dua seri awal, di Shanghai sepertinya Brawn bakal mendapat tantangan serius dari Red Bull dan Renault, apalagi di belakangnya masih ada Trulli dengan Toyota-nya yang sudah bertekad merebut victory pertamanya juga. Tapi asalkan tidak membuat kesalahan, Jenson Button sepertinya masih punya kans besar untuk mencetak hat-trick di Shanghai, minimal naik podium.
Gimana kabarnya tim silver dan tim merah kesayangan kita semua? Tampaknya masih berat, meskipun Hamilton menunjukkan perkembangan yang cukup significant di kualifikasi kali ini. Mungkin podium masih bisa diraih dengan kerja keras tentunya. Si merah? Hmm..peluangnya lebih kecil daripada si silver..:)
Satu lagi masalah yang cukup mengganggu adalah soal ban. Di seri balap kali ini, Bridgestone menyediakan 2 jenis ban, yaitu medium dan super soft. Di babak kualifikasi tadi, ban super soft memang terbukti cepat, tapi problemnya juga cepat habis dipakai sehingga tidak tahan lama. Padahal pada setiap lomba 2 jenis ban tersebut harus digunakan. Jadi strategi tiap tim sangat penting untuk menentukan kapan ban super soft dipakai. Bila salah perhitungan bisa sangat fatal akibatnya.
OK, tinggal kita tunggu besok siapa yang finis pertama, dan semoga tidak hujan. Babak kualifikasi tadi cerah. Jadi semoga besok juga cerah... dan jangan sampai kejadian di Sepang dua minggu lalu terulang, supaya pembalap happy, penonton happy, dan sponsor juga happy...hehehe
Have a nice race....have a nice weekend... c u in F1 GP Shanghai Review tomorrow!

No comments: