June 07, 2016

Preview Film: Now You See Me 2 (2016)


The Four Horsemen, kelompok pesulap yang beraksi ala Robin Hood modern, kembali muncul dalam Now You See Me 2 mulai hari Rabu (8/6) ini di Indonesia. Kesuksesan seri pertamanya pada tahun 2013, tampaknya, membuat Lionsgate dan Summit Entertainment cukup pede merilis sekuel kedua. Bersaing langsung dengan Warcraft, Teenage Mutant Ninja Turtles 2, The Conjuring 2, Finding Dory dan Independence Day: Resurgence di bulan Juni 2016.

Dengan bujet "hanya" USD 75 juta, film pertama Now You See Mee (NYSM) memang berhasil meraup pemasukan global hingga USD 351 juta. Oleh karena itu, para produser yakin, NYSM 2 juga bakal sukses. Bahkan, saking optimistisnya, sekuel ketiganya pun sudah mereka siapkan.

Berbeda dengan seri perdananya yang dibesut oleh Louis Leterrier, NYSM 2 digarap oleh Jon M. Chu. Sutradara 36 tahun kelahiran Palo Alto, California, keturunan China ini sebelumnya sudah berpengalaman menghasilkan film action superhero G.I. Joe: Retaliation (2013). Sementara itu, Ed Solomon tetap menjadi penulis skenarionya.

Selain sutradara baru, NYSM 2 juga mengusung beberapa karakter anyar. Salah satunya yang paling menarik perhatian adalah Daniel Radcliffe. Jika sebelumnya akrab dengan mantra-mantra sihir dalam franchise Harry Potter, kali ini dia harus bercumbu dengan berbagai trik sulap.

Selain Radcliffe, bintang anyar lainnya adalah Lizzy Caplan. Anggota baru The Four Horsemen ini menggantikan Isla Fisher (di seri pertama memerankan Henley Reeves), yang kali ini absen karena sedang hamil. Di samping itu, juga ada aktor Mandarin pujaan ibu-ibu muda, Jay Chou. Karakternya masih belum jelas. Tapi, sepertinya, dia memerankan tokoh antagonis bernama Li.

Ketiga pendatang baru di atas berkolaborasi dengan enam bintang lawas yang sebelumnya tampil di NYSM. Yaitu, Mark Ruffalo, Jesse Eisenberg, Woody Harrelson, Dave Franco, Michael Caine, dan Morgan Freeman. Sayangnya, si cantik Melanie Laurent, yang dulu berperan sebagai Alma Dray, kali ini tidak muncul.

NYSM 2 sendiri mengambil setting satu tahun setelah kejadian di film pertama. The Four Horsemen kembali terlibat dalam petualangan yang menegangkan. Aksi ala Robin Hood tetap mereka lakukan dengan mencuri uang para pebisnis korup dan membagi-bagikannya kepada para penonton yang menghadiri show mereka.

Setelah berhasil mengelabui kejaran FBI dan mendapat pujian dari masyarakat luas, The Four Horsemen berencana untuk membongkar praktik kotor dari sebuah perusahaan teknologi. Kali ini yang menjadi lawan mereka adalah seorang tech prodigy bernama Walter Mabry (Daniel Radcliffe). Yang tak lain adalah anak Arthur Tressler (Michael Caine). Musuh utama di NYSM seri perdana.

Kejeniusan Walter, yang seorang penguasa teknologi tersebut, memaksa The Four Horsemen melakukan aksi pencurian paling mustahil yang belum pernah terjadi sepanjang karier mereka. Atraksi sulap dan ilusi canggih apalagi yang kali ini bakal dimunculkan?

Di Amerika, NYSM 2 baru dirilis pada tanggal 10 Juni 2016. Dua hari lebih lambat daripada di Indonesia. Sejauh ini, sejumlah situs review memberi rating rata-rata. Tidak jelek, tapi juga tidak bagus. Masih jauh bila dibandingkan The Prestige (2006) besutan Christopher Nolan, yang disebut-sebut sebagai salah satu film sulap terbaik sepanjang masa. Meski demikian, secara box office, tetap ada peluang bagi film berdurasi 129 menit ini untuk mendulang kesuksesan seperti pendahulunya.

***

Now You See Me 2

Sutradara: Jon M. Chu
Produser: Bobby Cohen, Alex Kurtzman, Roberto Orci
Penulis Skenario: Ed Solomon
Pengarang Cerita: Peter Chiarelli, Ed Solomon
Berdasarkan: Karakter-karakter ciptaan Boaz Yakin dan Edward Ricourt
Pemain: Jesse Eisenberg, Mark Ruffalo, Woody Harrelson, Dave Franco, Daniel Radcliffe, Lizzy Caplan, Jay Chou, Michael Caine, Morgan Freeman
Musik: Brian Tyler
Sinematografi: Peter Deming
Penyunting: Stan Salfas
Produksi: K/O Paper Products
Distributor: Summit Entertainment
Durasi: 129 menit
Rilis: 8 Juni 2016 (Indonesia), 10 Juni 2016 (Amerika Serikat)

Ratings

IMDb: 7,4
Rotten Tomatoes: 5,3
Metacritic: 6,0




No comments: